Facebook Twitter RSS Feed

Astronomi, Langkah Awal Meraih Kesuksesan

Astronomi merupakan pelajaran favorit saya, sejak berada di kelas 4 SD saya memang selalu tertarik dengan pergerakan bintang-bintang, pada waktu itu yang saya tahu hanya matahari, bulan, dan planet terang di ufuk barat menjelang maghrib, Venus. Ketertarikan itupun kemudian terus saya kembangkan sampai akhirnya berhasil mengantarkan saya ke Seleksi Olimpiade Astronomi tingkat Kabupaten Gresik, dan alhamdulillah saya bisa lolos ke 10 besar untuk mendapatkan bimbingan dari pembimbing kabupaten.

Astronomi

Astronomi


Terlepas dari itu semua, banyak teman-teman saya yang mengatakan bahwa mempelajari astronomi itu hanya sia-sia belaka, katanya tidak ada gunanya memikirkan apa yang belum pernah dicapai manusia. Kemudian saya pun berpikir sejenak, merenungkan perkataan teman saya tadi, saya menemukan jawaban lain atas apa yang belum pernah mereka pikirkan. "Mungkin kita bisa berpangku tangan atas semua karunia yang telah Allah berikan, berupa jagad raya yang maha luas. Namun salahkah jika kita berusaha untuk menggali setiap makna yang tersirat, tentu masih banyak hal yang perlu kita pikirkan. Bukan sekedar mengerjakan apa yang sudah tampak kemudian ditinggalkan, lebih dari itu semua. Cobalah menjadi manusia yang luar biasa, yang mampu memanfaatkan alam semesta ini demi kelangsungan ibadah kita kepada-Nya, bukan saja bumi tempat yang telah mereka nodai. Dengan astronomi kita akan sadar, betapa hinanya kita di hadapan Sang Pencipta"

Terus melangkah

Dengan alasan itu lah saya akan terus melangkah, mempelajari lebih dalam tentang apa saja yang menjadi cakupan ilmu astronomi. Masuk 10 besar bukanlah akhir yang manis, namun sebuah jembatan penghubung antara langkah pertama dengan konsekuensi yang akan saya hadapi di masa depan.

Tidak ada sesuatu yang sia-sia, karena semua itu kembali pada hakikatnya. Hakikat yang didasarkan pada sudut pandang manusia, benar dan salah sepenuhnya hanya Allah yang tahu.

Rating: 4
17.54 Astronomi, Langkah Awal Meraih Kesuksesan

Bagikan Artikel Ini :

Silahkan berlangganan artikel dari Kolom Edukasi, masukkan email anda dan anda akan mendapatkan artikel terbaru langsung ke email anda (Gratis) :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

1 comments:

Unknown mengatakan...

salam kenal :) tulisan ini bgtu menginspirasi...aku juga sangat mencintai astronomi, namun sangat sedikit orang yang menghargai pelajaran ini..aku bercita-cita ingin menjadi astronom, dan orantuaku menganggap itu tidak terlalu bgus, semua berkata begitu..mereka menginkan aku menjadi dokter, namun sejujurnya aku tidak begitu suka dengan pelajaran bertipe Biologi..aku menyukai pelajaran matematika dan fisika..aku suka hitungan..
aku ingin membuktikan bahwa aku bisa menjadi "bintang yang bersinar" di dalam bidang astronomi, impiankulah ini, smenjak aku kecil, aku selalu berangan-angan akan luar angkasa, tentang bintang-bintang....bolehkah kamu mmberikan aku tips jitu untuk sukses di OSN astronomi seperti kamu?aku ingin membuktikan pada dunia, bahwa astronomi adalah ilmu yang tdk kalah penting! revolusi astronomi!:)

Posting Komentar