Facebook Twitter RSS Feed

Penjelasan Tentang Fisika Partikel

Penjelasan Tentang Fisika Partikel, sebagaimana para ilmuwan terdahulu yang percaya bahwa atom merupakan bagian / unit terkecil yang menyusun suatu materi. Namun apakah tetap begitu? seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan, kita perlu membaca ulang mengenai Dasar Fisika Partikel sebagai berikiut:

Fisika Dasar

Fisika Partikel


Fisika partikel adalah cabang dari fisika yang mempelajari partikel dasar pembentuk benda dan radiasi, dan interaksi antara mereka. Dia juga disebut fisika energi tinggi, karena banyak partikel dasar tidak terjadi dalam keadaan biasa di alam, tetapi dapat diciptakan dan dideteksi pada saat benturan berenergi partikel lainnya, seperti yang dilakukan dalam pemercepat partikel. Karena saya juga masih kenal fisika sejak kelas VII SMP, maka untuk penjelasan fisika partikel kurang begitu paham. Jadi saya ambil referensi dari id.wikipedia.com agar penjelasannya tidak salah.

Partikel Subatomik

Penelitian mutakhir fisika partikel difokuskan pada partikel sub-atomik, termasuk unsur atom seperti elektron, proton, dan neutron (proton dan neutron sebenarnya partikel gabungan yang terdiri dari quark), partikel yang dihasilkan oleh proses radioaktif dan hamburan, seperti foton, neutrino, dan muons, serta berbagai partikel eksotis.

Sebenarnya, istilah partikel adalah keliru karena dinamika fisika partikel diatur oleh mekanika kuantum. Dengan demikian, mereka menunjukkan perilaku dualitas gelombang-partikel, seperti partikel dalam seubah kondisi percobaan dan seperti di gelombang kondisi keadaan lain (lebih teknis mereka dijelaskan oleh vektor keadaan dalam ruang Hilbert; teori medan kuantum lihat). Mengikuti konvensi fisikawan partikel, "partikel dasar" merujuk pada objek seperti elektron dan foton dan "partikel" ini menampilkan sifat gelombang juga.

Semua partikel dan interaksi mereka diamati sampai masa kini dapat dijelaskan sepenuhnya oleh sebuah teori medan kuantum yang disebut Model Standar. Model Standar memiliki 17 jenis partikel dasar: 12 fermion (24 jika Anda menghitung antipartikel secara terpisah), boson vektor 4 (5 jika Anda menghitung antipartikel secara terpisah), dan 1 boson skalar. Partikel-partikel dasar ini dapat bergabung untuk membentuk partikel gabungan, yang jenisnya kini mencapai ratusan sejak ditemukan partikel gabungan pertama pada 1960-an. Model Standar telah ditemukan sesuai dengan hampir semua tes percobaan yang dilakukan saat ini. Namun, sebagian besar fisikawan partikel percaya bahwa model ini masih belum bisa memberikan penjelasan yang lengkap tentang alam, dan bahwa ada teori yang lebih fundamental. Dalam beberapa tahun terakhir, ukuran massa neutrino telah memberikan simpangan percobaan pertama dari Model Standar.

Teori Medan

Teori medan adalah kajian fisika teori untuk dinamika partikel elementer dengan mengasumsikan partikel sebagai medan. sumber: id.wikipedia

Kurang lebih begitulah Penjelasan Tentang Fisika Partikel, jadi dengan adanya bahasan seperti di atas saya harap teman-teman bisa lebih paham akan ilmu fisika, mulai dari bahasan yang paling mendasar mengenai Fisika Partikel, dan pesan saya jangan pernah anggap fisika itu menyeramkan, karena banyak sekali keunikan tersendiri dari pelajaran yang satu ini ^_^

Rating: 4.5
16.55 Penjelasan Tentang Fisika Partikel

Bagikan Artikel Ini :

Silahkan berlangganan artikel dari Kolom Edukasi, masukkan email anda dan anda akan mendapatkan artikel terbaru langsung ke email anda (Gratis) :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 comments:

Posting Komentar