Facebook Twitter RSS Feed

Tips Mengatasi Ngantuk Saat Belajar

mengantukAnda sering mengantuk saat belajar? kebanyakan sih nampaknya iya ^_^ aneh memang saat kita membaca komik dengan membaca buku pelajaran, jujur lebih mudah masuk baca komik, dan sebaliknya membaca buku malah bikin mengantuk.

Hati-hati loh ya karena untuk beberapa pelajar, ngantuk merupakan kendala terbesar dalam menyelesaikan tugas-tugas yang ada. Apalagi biasanya bagi yang sedang serius menghadapi ulangan, wah bisa jadi berantakan nantinya.

Mungkin beberapa Tips Mengatasi Ngantuk Saat Belajar di bawah ini bisa bermanfaat bagi anda ^_^

Tips Mengatasi Ngantuk Saat Belajar

1. Duduklah dengan posisi sembilan puluh derajat dan letakkan telapak tangan di atas paha untuk mencapai relaksasi. Tarik nafas dalam-dalam kemudian embuskan secara perlahan. Ulangi sampai tiga kali.

2. Masih dalam keadaan duduk dengan posisi sempurna, tutup lubang hidung sebelah kanan dengan menggunakan telunjuk, lalu ambil nafas dalam-dalam melalui lubang hidung sebelah kiri. Setelah menghirup udara dalam-dalam, tutup lubang hidung sebelah kiri dengan telunjuk dan embuskan pelan-pelan melalui lubang hidung sebelah kanan. Ulangi tiga kali.

3. Usap tangan beberapa kali hingga menimbulkan energi panas akibat gerakan kinetik, dan basuhlah tangan tersebut ke wajah anda. Anda akan merasakan kesegaran dan mampu beraktifitas selama tiga jam kedepan. (source: edukasi.kompas.com)

4. Kalau ketiga cara di atas kurang efisien juga bagi anda, segera ke kamar mandi dan berwudlulah atau sekedar membasuh muka. Terus jangan belajar dekat-dekat kamar tidur, karena kata guru saya apabila mata memandang bantal atau tempat tidur menyebabkan keadaan psikis kita sangat rileks dan membuat kita cepat ngantuk.

Rating: 2
12.46 Tips Mengatasi Ngantuk Saat Belajar

Bagikan Artikel Ini :

Silahkan berlangganan artikel dari Kolom Edukasi, masukkan email anda dan anda akan mendapatkan artikel terbaru langsung ke email anda (Gratis) :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 comments:

Posting Komentar